Pages

Friday, March 02, 2007

Luv U Mom...

Sebelumnya saya tak pernah membayangkan bahwa seorang ibu akan dengan mudah bisa merasa nelangsa oleh kelakuan 'remeh temeh tak disengaja' anaknya, sebelum kejadian malam itu.. Ketika kami bertiga (saya, suami dan si sulung, Shaby) sedang asyik leyeh2 di tempat tidur, dan saya melontarkan pertanyaan iseng, "Mbak Shaby sayang gak sama mama?" "Nggak!"(dengan wajah juwdues sepenuh hati) "Kalo sama bapak?" "Sayang..."(wajahnya jadi senyum2 sambil menatap manja ke bapaknya) owgh... Ini bukan yang pertama kali dia mengungkapkan 'permusuhan' nya pada saya, but somehow untuk pertama kalinya saat itu saya merasa seperti tertusuk duri yang tak tampak. Ketika segala daya upaya yang saya lakukan untuk merebut hati dan perhatiannya untuk sekedar berucap, "Mbak Shaby sayang sama mama.." hanya berujung penolakan dan 'huruhara' , (well..paling bagus sih dia bilang begitu kalo ada maunya, yeah..mengambil hati adalah salah satu kemahirannya memang) saya jadi makin nelangsa, dan akhirnya saya menangis..

Saya merindukan mama saya, betapa sering saya dulu membantahnya, betapa sering saya menolaknya, betapa saya, pernah pada suatu masa, bertekad untuk tidak menjadi ibu yang seperti dia, betapa saya, seperti Shaby, bahkan tidak menyadari jika telah menyakitinya.. Seperti memasuki cermin dan bertukar tempat dengan bayangan, itulah yang saya rasakan. Shaby adalah cerminan saya di masa lalu dan saya seperti ditunjukkan, sakit yang mungkin mama saya rasakan akibat tingkah polah saya. Tanpa saya sadari, saya mungkin bahkan telah menjadi ibu yang buruk untuk Shaby, sampai2 dia tidak ingin menjadi ibu seperti saya, persis seperti keinginan masa kecil saya, ga pingin jadi mama kayak mama! Mungkin mama mendidik saya dengan keras sehingga saya mengartikan cintanya secara menyakitkan dan sekarang Shaby merasakan hal yang sama. Saya tidak ingin dia merasakan apa yang saya rasakan dulu terhadap mama saya. Maafkan mama ya Nak, mama perlu belajar untuk jauh lebih sabar menghadapimu, and to my mommy, I luv u...

0 comments: