Pages

Wednesday, October 26, 2005

[Copet] Ganjen...

Terminal Joyoboyo, semasa kuliah sedikitnya 2 kali sehari terminal itu kukunjungi. Sebagaimana layaknya terminal, Joyoboyo selalu hirukpikuk dengan padagang kaki lima dan kaki dua yg keliling menjajakan dagangan, belum lagi pengamen, tukang koran, kenek angkot, MPU dan kondekur bus kota yang semuanya saingan meneriakkan lagu2, berita2 hangat (biasanya kriminal) dan rute2 seSurabaya.
Begitu memasuki kawasan ini, aroma khas terminal 'menyapa hangat' suasana yang begitu kuakrabi selama 5 tahun kuliah termasuk dinamika mengejar angkot yang hampir selalu menjadi rutinitas kalo kuliah pagi..ppffiiuuhh..ternyata hidup itu perjuangan ! Teman2ku sudah hapal benar kalo kuucapkan kata2 itu sambil bersimbah keringat dan napas ngos2an, pasti abis ngejar angkot. Dan aksi mengejar angkot itu seringkali dibarengi dengan aksi seorang tukang copet lihai, cuma kali ini aku korbannya. Waktu itu pas sudah mo nyampe, kurogoh tas kanvasku walah!! dompetku ga ada !! kucari 'harta karun' dengan merogohi kantong2 baju dan celana berharap beberapa lembar uang yang kuselipkan di waktu terdahulu masih terselamatkan, ternyata..kosong !! mati aku..!! waduhh dompetku ketinggalan lagi (begitu usahaku berpikir positip agar tak merusak suasana pagiku), kulayangkan pandang ke sekeliling angkot, ga ada yang kenal..gimana yaa..daripada digampar sopir angkot, kuberanikan diri menebalkan muka dengan menahan malu, "Mas, bisa minta tolong dibayarin ongkos angkot saya, dompet saya ketinggalan, saya anak TI, Mas anak mana, besok saya kembaliin deh.." Si Mas, senyum lebar banget, "halah nggak usah mbak..gpp" wah..wajah mas2 tadi langsung tampak begitu gantengnya hehehe.." makasih ya mas makasih.."
Setibanya di rumah, kudapati dompetku juga tak ada ditempatnya, wah berarti jadi kecopetan nih ! ya sudahlah,untung nggak ada kartu2 berharga selain KTP kadaluarsa (males ngurus lagi sih), tapi tetep aja harga dompetnya lumayan..Malamnya aku tetep aja harus tabah karena dapet omelan kanankiri, yang ga ati2lah, yg tasnya musti diganti yang sedikit beradab lah (tasku, tas kanvas yang model karung terigu itu lho, ga ada pengamannya sama sekali, boro2 retsleting tali aja ga ada). Jam 23.30 telpon rumahku berdering, suara pria dengan logat madura yg kental berlatarkan lalulalang kendaraan, mungkin telepon umum :
Pria : Halo,ini jalan...rumah...Mbak Maya ?
Aku : Ya betul,darimana ?
Pria : mmm...Mbak Maya ada
Aku : Ya, ini Maya (sambil mulai ga sabar) ini siapa ?
Pria : Mbak kehilangan dompet ya ?
Aku : Iya,Mas yang nyopet ya?( kemudian menyesali pertanyaan ini..mana ada copet ngaku!)
Pria : Saya nemukan di Joyoboyo, kalo mau ambil di rumah saya jl wonokromo gang sandiwara, saya Rojali Aku : Oh maap, makasih ya Mas, rumahnya mana ? Eh tau telpon saya dari mana ? Berarti tahu alamat saya kan? Minta tolong dianterin aja kesini (dimana pula gang sandiwara itu..walah..)
Pria : Wah nggak bisa Mbak harus kesini..(putus..mungkin koinnya abis..) Dengan pertimbangan papa mama kuurungkan niat mengambil dompet ke gang sandiwara, belahan surabaya yang tak pernah terjamah olehku, apalagi mo ketemu sama orang yg (ngakunya) nemuin dompetku, wah aku takkan mempertaruhkan diri demi dompet kesayanganku..byebye dompet hicks..singkat cerita sudah kurelakan si dompet berpindah tangan.
Ketika kira2 dua hari kemudian juga sekitar jam 23.30, telpon kembali berdering :
Aku : Halo
Pria : Ini Maya ya ? (logat madura kental yg sudah kukenal, hanya kali ini sapaannya nggak pake' Mbak..wah..ada apa nih..)
Aku : Iya, siapa ini?
Pria : Masa lupa sih (nada nya mulai genit), kok kemaren nggak datang saya tunggu lo..
Aku : (gubrak...bener deh si Rojali nih kayaknya..) Iya, maap ga jadi
Pria : Saya antar aja ya ke rumah Maya, atau saya tunggu Maya di jembatan joyoboyo..sekalian saya ingin kenalan dengan Maya (nadanya makin genit..)
Aku : (gubrak lagi !! nekat bener nih orang, ganjen banget..hiyy ngerii..!!) waduh nggak usah makasih, saya nggak pengen kenal, dompetnya ambil aja (sambil agak2 ngeri terus nutup telpon)
Alhasil selama 2 minggu setelahnya aku harus memutar jalur menghindari terminal Joyoboyo demi menghindari Bang Rojali, dasar (copet) ganjen..

1 comments:

Anonymous said...

huakakakakakakakaka
(hari ini, baca dua postingan mbak may melahirkan reaksi yang sama......kekekekekekekeke.....)

terminal joyoboyo. jadi inget pas hidup di surabaya, pas blm bawa motor, meski gak tiap hari, tapi sering banget harus bersinggungan dengan terminalnya mbah joyo dan para boyo itu .... hehehe.

skg apa ya masih ruwet? apa ya masih banyak copetnya? terus, si rojali apa juga masih nongkrong di terminal itu? hehehehe