Pages

Monday, August 15, 2005

Tujuh Belasan !

"Bundanya kemana dek ?" tanyaku "maen voli bundanya..." cadel ponakan kecilku menjawab
Lha..hari gini maen volley, ngapain amat gitu loh ! batinku dalam hati, sebelum kudapati kalender yang menunjukkan bahwa kita sudah berada di akhir bulan Juli. Terjawab sudah teka-teki tiap sore sepulang kantor, "dalam rangka apa halaman wisma Semen Gresik mendadak jadi 'pasar kaget' tempat sekumpulan pedagang kaki lima bersatupadu menjajakan segala rupa setiap sore sejak seminggu ini?" Bahkan suamiku yang sudah lebih dari sepuluh tahun tinggal di Gresik pun hanya punya jawaban asal-asalan "ya sekali-sekali kan boleh ada pasar malem, hiburan rakyat.." halaahhh...
Berarti sebentar lagi tujuh belasan sodara-sodari... Dibalik makna Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, satu yang paling kunantikan adalah keriaan yang menyertainya. Awal-awal bekerja di kantor ini, aku disibukkan oleh kegiatan bazaar Persatuan Ibu, dimana karyawati kebagian jatah jualan cemilan anak-anak yang dipackage menarik sehingga laku keras, hobi membuat pernak-pernik tersalurkan, untung jualannya kembali ke kita juga, asyik kan?!?! Tahun lalu semangat tujuhbelasan agak mengendur, dan karena kehamilanku sudah tingal menghitung hari 'brujul' aku memutuskan untuk menjadi penikmat saja. Ternyata jadi pembeli gak kalah enak kok !! Menghamburkan kupon jatahku dan suamiku ke stan-stan penjaja penganan segala rupa, mengingatkanku pada bazaar di kampungku bedanya kalo dulu belinya bayar sendiri, sekarang belinya dibayarin kantor. Bersama mama biasanya dengan telaten kususuri lorong-lorong, melongok satu per satu stan tetangga kami yang berjualan. Dulu waktu masih SD, aku pernah semangat pengen ikut jualan telur rebus yang dihias pake kertas krep warnawarni, tapi kegiatan hias menghias berhenti di tengah jalan karena aku lebih tertarik untuk menjadi pembeli hehehe kalo jualan kan aku harus nungguin daganganku sampai akhir acara. duuhh how I miss those things...
Belum lagi perlombaan-perlombaan yang semarak diadakan baik di kampung maupun di sekolah. Sebenernya hadiahnya sih biasa, cuma rasa bangga pas dipanggil ke podium itu lho..ciiee.... Lomba lari bendera, lomba gigit kelereng, dan kebayang gak kalo dulu aku pernah menang lomba joged se-RT...huahaha!! Tapi jangan suruh aku ikut lomba sepeda lambat dijamin halal aku paling dulu sampe di garis finish alias nomer 1..kalahnya!! Seiring dengan bertambahnya usia, dari peserta lomba bergeser menjadi panitia penyelenggara yang tentu saja mengurangi kegembiraan. Berkurang? Tentu saja!! dibandingkan hanya menjadi pengisi acara dengan menampilkan tari hula2 dengan kostum berbulu-bulu yang norak -yang waktu itu tentu saja sedang ngetrend- ato bahkan hanya tampil ke panggung untuk menjemput segebog hadiah, tentu saja menjadi panitia perayaan 17an RT amat melelahkan. Diawali dengan menagih iuran 17an serelanya ke aeantero kampung, mengalokasikan dana yang 'murah meriah' untuk mendapatkan acara yang 'mewah meriah', sampai harus berhadapan dengan ibu-ibu PKK yang ce****t untuk urusan konsumsi dll, ppffiiuhh...
Kalo di sekolah lain lagi, gak tau kenapa aku selalu kepilih ikut lomba-lomba yang 'agak intelek', ya dong!!dibandingkan dengan lomba joged..hehehe. Pernah waktu SMA, aku mewakili kelasku ikutan lomba baca puisi, waktu itu puisinya Chairil Anwar yang judulnya Diponegoro (eh bener gak seh pengarangnya..) Baca puisinya di kelas yang di deket papan tulisnya ada semacam panggung yng agak tinggi dibanding lantai kelas. Pas selesai baca puisi, lautan penonton (yang kebanyakan teman sekelasku..) memberikan applaus panjang. Aku, yang mabok applaus, lupa kalo harus melangkah turun dari "panggung" itu, alhasil..GUBRAKK!!! aplaus panjang tadi ditutup dengan gelak tawa yang lebih panjang..... well, baca puisi sekaligus pantomim kan ga ada salahnya hihihi.. Tentang baca puisi ini ada juga pengalaman 'memalukan' yang lain, waktu masih TK, acara 17an juga. Waktu itu aku harus berdeklamasi, jadi ga pake teks. Nah, karena demam panggung, sampai tengah-tengah aku lupa musti ngomong apa...tapi dengan cerdiknya aku cuman mangap-mangap aja, jadi orang-orang pada ngira mike nya mati hehhe..slicky yah..
But above all that, tujuh belasan will always be fun !!

0 comments: